Browse By

Lokakarya Kritik Film

Lokakarya kritik film:

Menakar Progesivitas Film Religi

Kerjasama Islam Bergerak dengan Cinema Poetica

[toggle title=”Pengantar Program”]

Film bertema Islam di Indonesia  belakangan ini adalah fenomena yang disambut meriah.  Dalam banyak promosinya, label ‘dakwah’ sering dilekatkan pada film-film seperti Ketika Cinta Bertasbih, Ayat-Ayat Cinta, atau 99 Cahaya di Langi Eropa. Terlepas dari label apapun yang disematkan oleh pasar, penting untuk memeriksa lebih lanjut bagaimana substansi dari permasalan-permasalahan sosial di sekeliling umat diartikulasikan oleh film-film bertema Islam ini.

Islam Bergerak yakin bahwa surutnya nalar ketika berhadapan dengan label ‘dakwah’ itu bermula dari minimnya kritik. Oleh sebab itu, bekerjasama dengan Cinema Poetica, Islam Bergerak mengundang Anda berpartisipasi dalam  lokakarya kritik film bertajuk “ Menakar Progesivitas Film Religi.”

Lokakarya ini akan berlangsung selama empat hari. Dari tanggal 8-11 September. Peserta dan pemateri menginap bersama di Kompleks Mahavihara Trowulan Mojokerto, untuk belajar bersama perihal kritik film dan praktiknya dalam konteks penulisan tentang sinema religi. Materi belajar mencakup prinsip dalam membaca film, logika dan teknik menulis,  sejarah film-film religi. Selama program berlangsung, peserta akan berproses bersama  Windu Jusuf, pengelola harian Cinema Poetica.

[/toggle]

[toggle title=”Ketentuan Keikutsertaan”]

SYARAT PENDAFTARAN

  1. Pendaftar adalah Warga Negara Indonesia berusia 20­28 tahun
  2. Pendaftar wajib mengisi formulir pendaftaran yang terlampir di web Islam Bergerak, yang terdiri dari data pribadi, CV, foto (minimal berukuran 500 x 500 pixel), biografi singkat, dan uraian motivasi mengikuti program lokakarya kritik film.
  3. Pendaftar wajib menyerahkan 2 (dua) sampel tulisan tentang film sebagai bagian dari pendaftaran: satu resensi, satu tulisan bebas tentang film (esai, resensi, liputan, wawancara, catatan, renungan, dan sebagainya).
  4. Sampel tulisan yang dikirim boleh tulisan yang sudah dipublikasikan sebelumnya. Mohon cantumkan tanggal dan media publikasi. Sampel tulisan dikirimkan bersama dengan formulir pendaftaran.
  5. Pendaftar mengirimkan formulir dan kelengkapannya melalui email ke windu[dot]w[dot]jusuf[at]gmail[dot]com dan di­cc ke email redaksi[at]islambergerak[dot]com dan admin[at]cinemapoetica[dot]com dengan subyek email: “lokakarya kritik film – [nama] – [kota]”.
  6. Pendaftaran paling lambat 3 September 2014, jam 24.00 WIB.
  7. Lokakarya ini terbuka untuk 8 (delapan) peserta. Hasil seleksi akan diberitahukan via surat elektronik kepada seluruh pendaftar.
  8. Peserta yang lolos akan diumumkan di website Islam Bergerak pada 4 September 2014.
  9. Pendaftar yang lolos seleksi wajib mengikuti kegiatan Lokakarya kritik film secara penuh, pada tanggal 8-­11 September 2014.
  10. Kegiatan lokakarya ini tidak memungut biaya pendaftaran dari peserta.
  11. Pengelola menanggung penginapan peserta selama berlangsungnya program lokakarya kritik film. Selain fasilitas penginapan, peserta yang lolos diharapkan mempersiapkan kebutuhannya secara mandiri.
  12. Pertanyaan lebih lanjut dapat ditanyakan ke penanggung jawab program lokakarya kritik film, Muhammad Azka Fahriza, melalui email muhammad[dot]azka[dot]fahriza[at]islambergerak[dot]com atau telepon 081932637557 dan dapat pula melalui email redaksi[at]islambergerak[dot]com
  13. Formulir pendaftaran lokakarya kritik film bisa diunduh melalui link berikut: bit.ly/formulirlokakarya

[/toggle]

[toggle title=”Jadwal Lokakarya Kritik Film”]jadwal2[/toggle]

Download Formulir Pendaftaran

Tinggalkan Balasan