Browse By

Panduan Pengiriman Tulisan

Bagaimana cara menulis buat Islam Bergerak?

Pertanyaan itu beberapa kali masuk ke meja redaksi. Beberapa kali pula, secara personal, awak redaksi kami mendapatkan pertanyaan-pertanyaan yang kurang lebih sama dari ikhwan dan akhwat, bung dan nona, handai tolan, tuan dan puan, kamerad, compañero dan compañera. Kami senang mendapati pertanyaan itu datang ke hadapan kami, karena itu berarti (setidaknya menurut kami) bahwa kerja-kerja yang kami lakukan selama lebih dari dua tahun belakangan, tidak berlalu sia-sia dan berhasil memantik respon positif dari kawan gerakan progresif yang sebagian besar baru awak redaksi kami kenal melalui nama dan perjumpaan dunia maya.

Namun kami harus jujur mengatakan, bahwa sebenarnya kami sedikit ogah menjawab pertanyaan semacam itu. Islam Bergerak bagaimanapun bukan tempat mencari untung, bukan jenis usaha yang memiliki nilai bisnis, juga bukan beasiswa. Islam Bergerak tak lebih dan tak kurang adalah ruang diskursus keislaman progresif—ruang yang diinisiasi untuk mendekati, membangun, dan sekaligus menyuarakan ide Islam Progresif dan dinamika gerakan sosial progresif secara luas di akar rumput. Dan pertanyaan “Bagaimana Cara” dalam masyarakat Indonesia terlanjur banyak dihubungkan dengan buku panduan  nir-manfaat yang tak lebih dari sampah dan seonggok kotoran, seperti: Bagaimana Cara Menjadi Kaya dengan Bersedekah , Bagaimana Cara Mendapatkan beasiswa SDSB, atau Bagaimana Cara Beternak Lele. Meskipun demikian, kami merasa perlu menjelaskan beberapa hal terkait dengan rubrikasi, kriteria naskah dan interaksi dan korespondensi pembaca dan kontributor Islam Bergerak terkasih dengan awak redaksi kami.

Rubrikasi
Terdapat 9 rubrik di Islam Bergerak. Kesepuluhnya memiliki benang merah yang menyatukan, yakni menekankan pada keterkaitan dan perhatian atas isu ketimpangan, ketidakadilan,  kemanusiaan, keumatan, gerakan Islam Progresif, dan gerakan progresif lebih luas. Mereka antara lain:

Reportase
Reportase adalah inisiasi kami supaya senantiasa dekat dengan problematika umat dan terlibat secara langsung dalam dinamika gerakan progresif secara luas. Rubrik ini terdiri dari Liputan, Rilis dan Saksi Mata. Liputan  memuat kerja-kerja jurnalistik. Rilis adalah wadah yang diperuntukkan bagi siaran media atau maklumat dari gerakan progresif. Saksi mata adalah ruang untuk berbagi pengalaman personal, baik pengalaman pribadi maupun orang lain.

Pergerakan
Rubrik ini kami peruntukkan secara khusus sebagai ruang untuk mendiskusikan dinamika gerakan progresif baik yang terkait secara langsung atau tidak dengan isu keislaman—pendeknya, dinamika gerakan progresif secara luas. Tulisan di dalam rubrik ini bisa menyoal isu agraria, perburuhan, lingkungan, perempuan dsb. Bisa berupa wacana, ide-ide gerakan, analisa mendalam, sampai kritik.

Rahim
Islam menjunjung tinggi posisi perempuan, meletakkan posisi perempuan sama dengan laki-laki. Artinya, dalam suasana dan kondisi yang masih patriarkis akibat ketimpangan ekonomi politik; ekses dari kapitalisme—perjuangan gerakan Islam Progresif melawan ketidakadilan adalah perjuangan untuk memuliakan posisi perempuan sebagaimana diperintahkan oleh agama. Juga untuk menjawab kebuntuan tendensi moralis maupun tendensi “perayaan tubuh” yang hanya berkutat pada identitas namun mengabaikan problem ekonomi-politik. Rubrik ini kami peruntukkan untuk tujuan-tujuan tersebut.

Analisis
Analisis adalah wadah bagi tulisan yang membahas persoalan aktual yang terkait secara tidak langsung dengan problem keumatan. Rubrik ini membedakan pembahasan isu berdasarkan wilayah politik: Nasional, dan Internasional

Kritik
Kritik merupakan kolom khusus bagi setiap pembahasan teoritik gagasan Islam Progresif yang mengurai kemungkinan sejauh mana Islam bisa didekatkan dan diselaraskan dengan pemikiran-pemikiran progresif yang berkembang dalam filsafat dan ilmu sosial.

Tabuh
Tabuh
adalah ring tinju sekaligus tempat “pengadilan”, sekaligus panggung lawakan. Di sini kami ingin mengajak para kontributor untuk menyeret isu-isu receh maupun serius yang meresahkan dan membahayakan umat (rakyat), bisa juga para musuh umat (musuh rakyat) untuk memukuli dan menertawakan mereka melalui kata-kata. Sekedar rehat dari keseriusan, sebagai hiburan, syukur-syukur bisa membawa kita pada kewarasan.

Islam
Kami menampung segala hal yang secara spesifik berkaitan dengan Islam di rubrik ini. Di rubrik Islam, kita akan menemukan pembahasan soal Fiqih dan Tafsir dalam perspektif Islam Progresif, Tarikh Islam Progresif, diskusi soal Tasawuf dan Islam Progresif, serta lembaran khotbah Jumat yang boleh diperbanyak secara cuma-cuma.

Penggerak
Penggerak
memuat wawancara mendalam dengan aktor-aktor gerakan progresif, terutama yang terpinggirkan oleh pemberitaan media arus-utama dan percepatan informasi di media sosial. Rubrik ini juga memuat tulisan mendalam mengenai sosok dan riwayatnya dalam gerakan progresif.

English

Rubrik English  adalah upaya awal kami untuk mendekatkan Islam Bergerak kepada pembaca berbahasa Inggris. Rubrik ini memuat esai dan artikel berbahasa Inggris yang ditulis oleh narasumber pilihan redaksi atau tulisan berbahasa Indonesia yang dialihbahasakan oleh redaksi.

Kriteria Naskah
Islam Bergerak lahir dengan tujuan ingin membangun diskursus keIslaman yang ilmiah, tidak jargonistik sekaligus berpihak pada kaum tertindas, melawan ketidakadilan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Kami tidak memiliki kriteria khusus selain bahwa setiap naskah di Islam Bergerak mestilah naskah yang tidak plagiat,  menggunakan rujukan akademik terpercaya (apabila membuat sebuah kutipan atau referensi), dan belum pernah dimuat di media lain—baik cetak maupun elektronik (website, blog, atau status Facebook).

Selain hal di atas, kami hanya akan memuat naskah yang ditulis lebih dari 1500 kata (kecuali rubrik tabuh, Islam, dan Budaya). Pertimbangan kami atas jumlah kata adalah demi menjaga kedalaman pembahasan tulisan.

Setiap naskah yang masuk akan kami baca serius dan diskusikan bersama tim redaksi. Oleh karena itu, kami menghargai naskah yang ditulis dengan kesungguhan—ini dapat terbaca dari isi, gaya bahasa, argumen, dan panjang naskah (bukan berarti semakin panjang pasti semakin sungguh-sungguh). Pemuatan naskah dilakukan melalui proses kolektif.

IB tidak menyediakan honor bagi para kontributornya. Kami berharap dimuatnya naskah Saudara menjadi hadiah istimewa dari (dan untuk) kami untuk (dan dari) Saudara.

Lain-lain
Kami menerima naskah di alamat redaksi@islambergerak.com dengan subyek surat sesuai dengan nama rubrik. Setiap naskah insya Allah akan kami tanggapi dengan penuh persahabatan, dan diskusi apabila diperlukan. Demikian.

 

Lal Salam,

 

Redaksi Islam Bergerak